PSKP FK Unizar

cover

 

Fakultas Kedokteran Univer­sitas Islam Al-Azhar (FK UNI­ZAR) kembali mengadakan ke­giatan ilmiah berskala nasional melalui layanan unggulannya yaitu Pusat Studi Kesehatan Pariwisata (PSKP). Kegiatan seminar nasional ini digelar secara virtual melalui zoom webinar selama 2 hari pada Sabtu-Minggu, 23-24 April 2022. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian event Medical Fiesta 2022 dalam rangka HUT FK UNIZAR yang ke-18. Kegiatan webinar nasi­onal kali ini menyasar kaum muda di seluruh Indonesia agar melek tentang kesehatan pariwisata dengan mengusung tema “Generasi Muda Men­dukung Pariwisata Sehat”.

Animo para pemuda juga mahasiswa dalam kegiatan ini cukup tinggi dengan me­lihat antusiasme para peserta selama mengikuti kegiatan ini. Tercatat sebanyak 500 partisipan yang bergabung dalam kegiatan ini dari seluruh Indonesia dengan berbagai latar belakang baik itu dari in­stansi pemerintahan, institusi pendidikan, juga turut hadir para pemuda yang terlibat sebagai pelaku wisata hingga perwakilan dari mitra ker­jasama FK UNIZAR. Tentunya kegiatan Webinar kali ini di support penuh oleh Kemen­parekraf, Universitas Udayana, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Yarsi, STIKESMUS Surakarta, IKMA KESMAS UNS dan Instituto Superior Cristal Timor Leste.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. San­diaga Salahuddin Uno, B.B.A, M.B.A yang sangat mendukung penuh kegiatan seminar nasi­onal ini yang sasarannya ada­lah generasi muda Indonesia. “Tahun 2022 kita harapkan menjadi tahun kebangkitan bagi dunia pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Kita harus memastikan perjalanan wisata menjadi menyenangkan, sehat dan aman, sehingga kita mem­butuhkan agen perubahan yang menyadari pentingnya masalah kesehatan pariwisata. Kaum muda tidak hanya mewakili masa depan negara tetapi juga menjadi agen perubahan dan kemajuan masyarakat. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK UNIZAR) memiliki unggulan kesehatan pariwisata diharapkan mampu mengulas isu-isu di bidang kesehatan pariwisata dan mengajak serta masyarakat untuk mendukung kesejahteraan dan kesehatan pariwisata” ucap Mas Menteri, Sandiaga Uno.

“Selamat Ulang Tahun ke-18 FK UNIZAR, semoga dapat melahirkan dokter-dokter yang dapat berperan aktif dalam peningkatan derajat keseha­tan, terutama di daerah pari­wisata” tutup mas Menteri.

Hal ini juga turut disambut baik oleh Rektor Instituto Superior Cristal Timor Leste, Dr. Sebastiao Pereira, MM yang juga berke­sempatan hadir dalam kegiatan seminar ini. “Kami sangat senang ikut serta dalam kegiatan webi­nar tentang kesehatan pariwisata ini, kalau boleh dibilang ini bu­kan seminar nasional, melainkan seminar Internasional. Sebagai mitra kerjasama dari FK UNI­ZAR, kami juga mendelegasikan dosen maupun mahasiswa un­tuk mengikuti rangkaian seminar ini. Sukses untuk FK UNIZAR” ucap pak Rektor.

 

Dekan FK UNIZAR, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes, menyampaikan sam­butannya sekaligus membuka acara seminar ini. “Tahun ini merupakan momentum ban­gkitnya pariwisata Indonesia karena dalam 2 tahun terakhir kegiatan wisata hampir terpu­ruk karena adanya Pandemi Covid-19. Kehadiran PSKP FK UNIZAR sebagai layanan unggulan kesehatan pariwisata merupakan implementasi visi besar FK UNIZAR yaitu Men­jadi Program Studi Pendidikan Dokter Terkemuka di Kawasan Indonesia Timur dengan Un­ggulan Kesehatan Pariwisata berlandaskan nilai-nilai Rah­matan Lil Alamiin. Harapan kedepan, PSKP FK UNIZAR dapat menjadi pusat studi yang kredibel dan professional da­lam melakukan kajian-kajian strategis, riset dan pengabdian kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan pariwisata dan mampu melibatkan kaum muda dalam berkolaborasi dan bersinergi membahas kes­ehatan pariwisata baik di NTB maupun untuk Skala Nasional” ucap dr. Artha.

Acara ini dipandu oleh Dany Karmila, SKM, M.Kes dan Ugetwoow. Pada hari pertama, narasumber yang dihadirkan akan membahas tentang kese­hatan pariwisata dan generasi muda. Materi pertama disam­paikan oleh Prof. dr. I Made Ady Wirawan, Ph.D selaku Advisor Divisi Public Health and Travel Medicine PSKP FK UNIZAR dengan topik Base of Knowledge: Apa itu kesehatan pariwisata. Kemudian dilanjut­kan dengan pembahasan men­genai Peran Dokter dalam Kes­ehatan Pariwisata: pre, during, post travel yang disampaikan oleh Advisor Divisi Clinical and Travel Medicine PSKP FK UNI­ZAR, Dr. dr. I Ketut Agus Somia, Sp.PD-KPTI. Dan topik tentang Curriculum of the 21st century dalam membentuk generasi muda berprestasi disampaikan oleh Koordinator Divisi Bio­ethics and Health Professional Education, dr. Ronanarasafa, S.Ked. Para partisipan sangat antusias, dengan pertanyaan yang responsif dan kolaboratif.

Pada hari kedua, opening speech disampaikan oleh Ad­visor Utama PSKP, Prof. Dr. dr. Ketut Tuti Parwati Meranti, Sp.PD, K-PTI. Beliau menyam­paikan bahwa tepat sekali FK UNIZAR memilih kesehatan pariwisata sebagai unggulan­nya. Melalui PSKP, mahasiswa kedokteran sebagai komponen generasi muda juga dapat berperan aktif di masyarakat dalam bidang kesehatan pari­wisata untuk membangun masyarakat Indonesia yang sehat dan maju.

Hal yang sama turut dis­ampaikan oleh Ketua PSKP FK UNIZAR, dr. I Dewa Gede Basudewa, Sp.KJ. “Seminar nasional ini kami selengga­rakan dalam rangka kegiatan ulang tahun FK UNIZAR atau Medical Fiesta 2022. Seperti yang disampaikan pada topik seminar ini, saya percaya bah­wa pada setiap perkembangan dan pergantian peradaban selalu ada darah muda yang mempeloporinya. Seperti kata G. M. Trevelyan: “Never tell a young person that anything cannot be done.” Kita harus yakin dan percaya kepada mereka, karena merekalah generasi kita selanjutnya. Any­thing is posible. Terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung kegiatan seminar ini” ucap dr. Basudewa.

Pada sesi hari kedua ini, sharing wawasan dan sudut pandang berlangsung warm­ing-heart dengan para nara­sumber ahli di bidangnya. Topik pertama disampaikan oleh dr. Yulia Suciati, Ph.D selaku Advisor Divisi Infectious Disease and Immunology men­genai Things we need to know: penyakit di daerah tujuan wisata. Kemudian dilanjutkan oleh Dr. dr. Wening Sari, M.Kes yang merupakan Advisor Divisi Herbal Medicine and Nutrig­enomic membahas tentang Ekonomi kreatif: pengenalan obat herbal pada wisatawan. Dan Harliansyah, Ph,D, Ad­visor Divisi Metabolic and Antioxidant menyampaikan materi tentang Tips and trick: Mencegah Sunburn dan pen­uaan dini. Para peserta masih sangat antusias mengikuti kegiatan seminar ini. Menari­knya, setiap akhir sesi diselingi kuis juga doorprize.

 

Antusiasme para peserta san­gat terlihat dari diskusi setiap akhir sesi dengan membuka peluang-peluang kolaborasi yang dapat dilakukan lintas sektoral bersama PSKP FK UNIZAR. Harapannya, PSKP FK UNIZAR bisa ikut serta se­cara aktif dalam berkontribusi meningkatkan kualitas dan kesehatan pariwisata melalui kolaborasi dengan pemerintah maupun lembaga lain sehing­ga tercipta sinergi dalam me­majukan kesehatan pariwisata di NTB pada khususnya. PSKP untuk NTB, Indonesia dan Mendunia. Stay save and stay healthy