PSKP FK Unizar

cover

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK UNIZAR) sebagai institusi pendi­dikan kedokteran swasta satu-satunya di NTB, memiliki visi “Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) yang terkemuka di kawasan Indonesia Timur dengan unggulan di Bidang Kesehatan Pariwisata berlandaskan nilai-nilai Rahmatan Lil Alamiin”. Menjelang usia ke-18 di Bulan Juni mendatang, FK UNIZAR sukses gelar berbagai event Medical Fiesta (Medfis) 2022 baik tingkat regional maupun nasional. Diantaranya pagelaran virtual exhibition berupa Lomba Fotografi Virtual, E-Sport Mobile Legend Tournament, Lomba Story Tell­ing, dan Lomba Film Pendek.

Animo masyarakat dari berb­agai kalangan sangat tinggi dalam mengikuti event-event Medical Fiesta 2022 ini. Terbukti dari keikutsertaan peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Lomba Fotografi & Virtual Exhibition

Event ini merupakan kegiatan skala Nasional perdana yang dia­dakan saat Medfis 2022. Kegiatan ini menyokong peran penting dari FK UNIZAR yang memiliki bidang unggulan Kesehatan Pariwisata. Pusat Studi Kesehatan Pariwisata sebagai layanan unggulan FK UNI­ZAR menjadi leading sector kegiatan ini. Mengangkat tema “Wonderland Indonesia: we come to protect” bertujuan untuk meningkatan pro­mosi kesehatan di masa Pandemi Covid-19 dan meningkatkan per­hatian masyarakat terhadap daerah pariwisata. Kegiatan ini dibuka sejak 20 April 2022 yang lalu dan didapat­kan 50 besar nominator serta dilan­jutkan dengan virtual exhibition dan bedah foto pada 14 Mei 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh 78 pe­serta dengan total kurang lebih 138 foto. Para peserta berasal dari Aceh, Bali, Banten, DIY Yogyakar­ta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau, NTB, NTT, Papua Barat, dan Sumatera Barat. Pameran virtual ini dilakukan menggunakan ap­likasi berbasis web. Pada pameran virtual yang akan menjadi peserta adalah 48 karya foto terpilih yang sebelumnya menjadi nominator. Dalam acara ini, ditampilkan foto dan cerita di balik foto tersebut (audio dan teks) secara virtual.

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Kemahasisswaan dan Bioetik FK UNIZAR, dr. Dasti Anditiarina, Sp.KP menyampaikan sambutan sekaligus membuka pameran virtual fotografi ini. “Kegiatan ini merupa­kan salah satu rangkaian dari acara Medical Fiesta 2022 dalam rangka menyambut HUT FK UNIZAR ke- 18. Virtual Tour and Exhibition merupakan sebuah konsep baru di tengah Pandemi Covid-19. Dengan hanya berbekal gadget dan jaringan internet kita dapat menikmati foto yang disajikan dalam pameran. Kita akan melihat secara online berbagai destinasi wisata dari seluruh Indo­nesia. Melalui kegiatan ini, FK UNI­ZAR menyajikan wadah kreatifitas sebagai upaya untuk tetap produktif dan inovasi meskipun di masa pan­demi” ucap dr. Dasti.

 

Pada acara bedah foto dan virtual ex­hibition ini, sebanyak 2 orang juri yang turut memilih dan membedah foto melalui pameran online ini diantara­nya Mustiko Utomo, Fotografer Land­scape & Macrophotography dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, dan I Putu Dedy Arjita, S.Pd, M.Kes selaku Wakil Dekan III FK UNIZAR untuk menilai kesesuaian foto dan caption sesuai tema. Pemenang lomba fotografi ini akan diumumkan pada acara puncak Medfis pada Juni mendatang.