PSKP FK Unizar

cover

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak tahun 2012 telah melaksanakan kebijakan desentralisasi pengelolaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk mewujudkan keunggulan, meningkatkan daya saing dan kapasitas pengelolaan serta partisipasi dosen di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dharma dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan tugas pokok dan fungsi yang harus dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi.

Sebagai salah satu agenda mewujudkan dharma perguruan tinggi ini terutama dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK Unizar) telah menyusun suatu Rencana strategis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2021-2025. Rencana strategis ini merupakan Rencana Induk Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (RIPP) sesuai dengan bidang keunggulan FK Unizar yaitu Kesehatan Pariwisata. Rencana Strategis ini pula yang menjadi sebuah pedoman dan arahan kebijakan bagi pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan FK Unizar.

Sebagai implementasi RIPP FK Unizar, disusunlah roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang digunakan sebagai acuan oleh setiap divisi yang ada di Pusat Studi Kesehatan Pariwisata (PSKP). Pusat Studi Kesehatan Pariwisata merupakan layanan unggulan yang dibentuk oleh FK UNIZAR untuk mewadahi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang unggulan Kesehatan Pariwisata.

 

Pusat Studi Kesehatan Pariwisata terdiri dari enam divisi antara lain: 1) Divisi Public Health and Travel Medicine; 2) Divisi Bioethic and Health Professional Education; 3) Divisi Clinical and Travel Medicine; 4) Divisi Herbal Medicine and Nutrigenomic; 5) Divisi Immunology and Infectious Disease; dan 6) Divisi Metabolic and Antioxidant.

Roadmap Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat FK UNIZAR dapat diunduh disini