PSKP FK Unizar

cover

Pusat Studi Kesehatan Pariwisata (PSKP), sebagai bagian dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar menyelengarakan Lomba Karya Ilmiah Remaja 2022 (KIR 2022 “Hakuna Matata, We Have Bright Young Generation”).  Kegiatan ini merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi siswa SMA sederajat yang dilaksanakan untuk memeriahkan rangkaian acara Medical Fiesta, yaitu perayaan ulang tahun FK UNIZAR yang ke-18.  Kompetisi ini diselanggarakan dengan tujuan mencari siswa-siswa SMA/sederajat yang memiliki minat dan kemampuan dalam bidang penulisan karya tulis ilmiah dan meningkatkan kemampuan dan wawasan mereka dalam menganalisis permasalahan dan mencari solusi yang tepat melalui penelitian ilmiah melalui aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan metode yang ilmiah dan terstruktur.  Pada tahun 2022 ini, PSKP-FK UNIZAR mencari generasi peneliti handal yang berani mengekspresikan ide dan kreativitasnya dalam suatu bentuk tulisan berupa karya tulis ilmiah.  Kali ini kelompok yang terpilih terfokus pada siswa SMA/sederajat di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).  Kompetisi ini diharapkan dapat menyaring bakat-bakat terpendam remaja di wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dalam menyalurkan minat dan bakatnya di bidang penelitian, terutama di bidang Kesehatan, Kedokteran, dan Pariwisata.

 

A.    Tema penulisan karya tulis ilmiah dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja 2022 (KIR 2022) dapat dipilih dari empat kategori yang telah disiapkan oleh panitia.  Kategori bidang keilmuan yang dapat dipilih adalah sebagai berikut.

1.       Kedokteran

2.       Kesehatan Pariwisata

3.       Biomedik

4.       Kesehatan Masyarakat

 Tema yang diambil dalam penulisan karya tulis ilmiah harus mempertimbangkan masalah yang penting, aktual, dan menarik untuk dibahas dan disosialisasikan.  Karya tulis juga harus mengangkat permasalahan yang belum pernah ditulis orang lain.  Jika permasalahan yang dipilih sudah pernah ditulis, maka penulisan karya tulis ditekankan kepada pengembangan karya tulis yang pernah ditulis tersebut.

 

B.                                       SYARAT DAN KETENTUAN

Berikut syarat dan ketentuan yang wajib diikuti peserta Lomba Karya Ilmiah Remaja 2022 (KIR 2022).

1.       Peserta merupakan siswa SMA atau sederajat, dengan ketentuan maksimum peserta adalah siswa kelas XII pada saat presentasi finalis.

2.       Peserta bisa perorangan (individu) atau kelompok dengan anggota kelompok maksimal 3 (tiga) orang.

3.       Peserta melampirkan surat keterangan/rekomendasi dari sekolah/instansi terkait dan daftar riwayat hidup.

Daftar riwayat hidup yang dilampirkan wajib mencakup hal-hal di bawah ini.

a.       Nama Lengkap

b.       Jenis Kelamin

c.       Tempat dan Tanggal Lahir

d.       Alamat Domisili

e.       Sekolah/Instansi

f.        Nomor Telepon/HP Peserta/Ketua Kelompok

g.       Email Pribadi Peserta/Ketua Kelompok

4.       Peserta melampirkan Lembar Orisinalitas Karya yang menyatakan bahwa karya tulis ilmiah yang dilombakan dalam LKIR merupakan karya yang original, bukan meniru hasil karya orang lain.

5.       Karya ilmiah yang sedang diikutsertakan dalam kompetisi ilmiah lainnya, tidak dapat diikutsertakan dalam LKIR 2022.

6.       Panitia berhak membatalkan status keikutsertaan peserta jika peserta terbukti melanggar kriteria di atas.

7.       Informasi lebih lanjut bisa didapat dengan menghubungi contact person yang tertera.

 

 

 

 

      Kegiatan ini diikuti oleh dua tim dari SMAN 4 Mataram, Nusa Tenggara Barat dan SMAN 5 Kupang, Nusa Tenggara Timur. Karya Ilmiah Remaja ini dari kompetisi diubah menjadi ajang kolaborasi. Hasil penelitian siswa-siswi SMA kemudian dipresentasikan, direview, dibimbing, hingga akhirnya laporan dan poster karya ilmiah remaja dikirimkan ke panitia untuk diproses HaKI dan mendapatkan apresiasi.